RSS

Wi Max

28 Apr

Wi Max adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. Wi-MAX memiliki forum yang terbentuk pada April 2001 yang mendeskribsikan teknologi ini sebagai “memungkinkan pengiriman dari akses wireless broadband sebagai alternatif untuk kabel dan SDL”. Sampai sekarang forum ini telah memiliki lebih dari 400 anggota yang terdiri dari berbagai macam perusahaan.

Di Indonesia sendiri perkembangan Wi Max bisa dilihat seperti ini:

April 2008-Indonesia Tower (PT Solusindo Kreasi Pratama) melakukan demo uji coba pertama (soft launching) teknologi pita lebar (broadband) Wimax (worldwide interoperability maximum access) langsung di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)

Agustus 2008-Intel akan memasarkan komputer jinjing (laptop) dengan fasilitas Wimax (Worlwide Interoperability for Microwave Access) untuk akses internet kecepatan tinggi mulai kuartal keempat 2008.

Desember 2008-PT Dama Persada, industri elektronika berbasis di Kota Bandung, kini tengah mengembangkan chipset- inti papan induk, khusus Wimax. Chipset Wimax generasi pertama bernama XIRKA System-on-Chip ini disebut-sebut menjadi tonggak kebangkitan industri manufaktur di bidang teknologi informasi di tanah air.

Januari 2009-Telkom Sumatra menguji coba teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability For Microwave Access), layanan akses internet broadband nirkabel yang juga dikenal dengan istilah wireless broadband atau BWA (Broadband Wireless Access).

Januari 2009- Departemen Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan lima peraturan terkait izin penyelenggaraan jasa layanan pita lebar nirkabel (wireless broadband) atau broadband wireless access (BWA) menggunakan teknologi worldwide interoperability for microwave access (Wimax).

(Dari berbagai sumber)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2009 in Uncategorized

 

Tag:

2 responses to “Wi Max

  1. romailprincipe

    April 28, 2009 at 12:33 pm

    kira2 provider dan harganya gimana ya wimax itu?
    mudah2an semurah internet 3g unlimited sekarang..meski faktanya bukan 3g ato 3,5g tapi lumayan..
    100-200 ribu aja..

    Suka

     
    • 8oni

      April 30, 2009 at 1:35 am

      Sejauh yang saya tahu belum ada provider Indonesia yang menerapkan Wi Max, walaupun seharusnya dalam tahun ini sudah ada pengembangannya.

      Contoh di Bulgaria, penyelenggara WiMAX Max Telecom menetapkan tarif US32 per bulan vs US$18 dari penyelenggara incumbent BTC, atau lebih mahal US$14 untuk kecepatan Downlik yang sama. Nilai Premium yang diberikan oleh Max Telecom adalah Uplink yang lebih cepat, yaitu sebesar 512 kbps versus 128 kbps dari incumbent. (Dari link http://mastel.wordpress.com/category/wimax-maju-di-ln-quo-vadis-indonesia/)

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: