RSS

Vitamin B Melindungi Dari Penyakit Alzheimer’s

09 Sep

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa Vitamin B mungkin dapat melindungi dari penyakit Alzheimer’s.

Penelitian ini, yang di publikasikan pada jurnal Public Library of Science One, di dasarkan pada 168 manula yang mengalami penurunan tingkat mental yang dikenal sebagai mild cognitive impairment.

Kondisi ini, ditandai dengan mild memory lapses dan masalah bahasa, adalah jauh dari apa yang bisa di samakan dengan masalah pada penuaan normal dan dapat menjadi gejala gejala dari Alzheimer’s dan bentuk dementia lainnya.

Setengah dari para relawan diberikan tablet harian yang berisi vitamin B, B6 dan B12 dengan dosis di atas rekomendasi untuk dosis harian. Setengah lainnya diberikan placebo.

Setelah 2 tahun, otak para relawan ini diperiksa.

Rata rata penurunan fungsi otak setelah berumur 60 tahun adalah 0.5% setahun. Namun bagi orang  dengan gejala mild cognitive impairment penurunan itu adalah 2x lipat. Pasien Alzheimer’s mengalami penurunan fungsi otak sebanyak 2.5% setahun.

Tim peneliti, dari Oxford Project to investigate Memory and Ageing (Optima), menemukan bahwa secara umum, pada orang orang yang meminum suplemen vitamin, penurunan fungsi otak tersebut melambat sebanyak 30%.

Pada beberapa kasus, penurunan itu melambat sebanyak 50%, membuat otak mereka menjadi sama dengan orang yang tidak menderita cognitive impairment.

Penanggung jawab penelitian, Profesor David Smith, mengatakan bahwa hasil yang di dapat ini jauh melebihi apa yang diharapkan.

“Dampak yang di hasilkan jauh dari apa yang bisa di perkirakan siapapun”, katanya “dan itu memberitahukan sesuatu yang biologis kepada kita”.

Namun, para ahli menentang penggunaan dosis yang lebih dari yang dianjurkan dalam penelitian ini.

Chris Kennard, pemimpin dari Medical Research Council’s Neurosciences and Mental Health Board, mengatakan : “Kami harus berhati hati pada saat merekomendasikan suplemen seperti vitamin B karena ada masalah kesehatan yang mungkin timbul bila di komsumsi secara berlebihan”

“Penelitian lebih lanjut masih diperlukan sebelum kami dapat merekomendasikan suplemen sebagai obat untuk penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer’s”

Source :

http://www.bbc.co.uk/news/health-11232356#

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 9, 2010 in Kesehatan

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: