RSS

Flash8 & Flash CS3— Membuat Lilin Menyala Yang Padam Saat di Klik Dengan Mouse

01 Nov

Halo🙂

Kali ini akan dibuat sebuah flash sederhana di mana sebuah lilin yang menyala akan mati saat lilin tersebut di klik dengan mouse.

Software yang digunakan :

Flash 8 dan Flash CS3

AS [ActionScript] yang digunakan :

AS 2.0

Preview hasil jadi :

Lilin sebelum di klik, masih menyala.[Kiri] Lilin sesudah di klik. [Kanan]

Untuk melihat flash lilin bisa di lihat di sini

Post ini terdiri atas 2 bagian, yaitu membuat nyala api lilin dan memberi AS pada lilin.

Bagian pertama – Memberi efek api lilin yang bergerak –

  • Beri warna stage [link ke post Mengubah Warna Background Stage] dengan warna sesuka Anda asalkan jangan putih [karena warna lilin yang akan dibuat adalah putih, tapi kalau misalnya ingin membuat lilin berwarna hijau juga tidak masalah, yang penting sesuai dengan selera Anda]
  • Renama Layer 1 dengan nama Lilin.
  • Buatlah gambar lilin pada frame Lilin dengan menggunakan Rectange Tool. Gambar lilin yang dibuat hanya badan dan sumbu.

  • Ubah gambar lilin menjadi symbol Movie Clip dengan nama mc_Lilin. [lihat caranya di sini bagi yang belum tahu ;)]
  • Klik kanan pada symbol mc_Lilin yang baru dibuat. Pilih Edit in Place. Buatlah layer baru dengan nama Api dan rename Layer 1 dengan nama Badan.

  • Buat bentuk api dengan Pencil Tool di frame 1 pada layer Api. Kemudian beri warna kuning menggunakan Paint Bucket Tool.

  • Selanjutnya select frame 37, tekan F6 kemudian ubah warna api menjadi merah, ubah juga bentuk api -agar hasil animasi terlihat lebih realistis- dengan menggunakan Free Transform Tool.

  • Kembali ke frame 1 pada layer Api, klik kanan dan pilih Copy Frames. Kemudian select frame 73, klik kanan dan pilih Paste Frames.

  • Kemudian select frame berapa saja di antara frame 1 dan frame 37, pilih Properties. Pada menu Tween pilih Shape, ulangi langkah yang sama untuk frame antara 37 dan 73. [UNTUK FLASH 8]

FLASH 8

  • Kemudian select frame berapa saja di antara frame 1 dan frame 37, klik kanan dan pilih Create Shape Tween. Ulangi langkah yang sama untuk frame antara frame 37 dan frame 73. [UNTUK FLASH CS3]

FLASH CS3

  • Select frame 73 pada layer Badan dan tekan F5.

  • Test movie dengan menekan Ctrl + Enter.

Animasi lilin dengan efek api bergerak sudah selesai.🙂

Mengubah Lilin Agar Bisa ‘Mati’ Saat di Klik Dengan Mouse

AS time!😉

  • Select gambar badan lilin dan sumbunya yang ada pada layer Badan. Ubah menjadi symbol Button dengan nama btn_Lilin.

  • Buat layer baru dengan nama Action. Isi kan code dibawah ini pada tab Action.

btn_Lilin.onRelease = function()

{

btn_Lilin._parent._parent.gotoAndPlay(“2”);

};

  • Penjelasan code akan diberikan nanti😉
  • Selanjutnya kembali ke Scene 1[dengan mengklik tulisan Scene 1]. Buat layer baru dengan nama Action yang akan berisi AS. Select frame 1 dan buka Tab Actions, ketikkkan code di bawah ini

stop();


·Select frame 2 pada layer Action, klik kanan dan pilih Insert Blank Keyframe. Select frame 2 pada layer Lilin dan buat lagi gambar lilin yang sudah padam. [gambar lilin yang tidak ada apinya]

·Buatlah teks PLAY dengan Text Tool dan ubah menjadi Button dengan nama btn_Play. [link ke Mengubah Gambar Atau Text di Stage Menjadi Symbol]

·Select frame 2 pada layer Action, pilih Tab Actions. Lalu ketikkan code di bawah ini

btn_Play.onRelease = function()

{

gotoAndPlay(“1”);

};

stop();

  • Jangan lupa untuk memberi nama symbol yang sudah dibuat dengan nama yang sama pada AS yang sudah diketikkan.

Symbol btn_Lilin harus diberi nama btn_Lilin.

Symbol btn_Play harus diberi nama btn_Play.

  • Test movie dengan menekan Ctrl + Enter.

Penjelasan code:

btn_Lilin.onRelease = function()

{

btn_Lilin._parent._parent.gotoAndPlay(“2”);

};

Pada saat btn_Lilin di tekan parent dari btn_Lilin yaitu mc_Lilin akan memanggil parent dari dirinya yaitu Scene 1, kemudian dengan perintah gotoAndPlay(“2”); akan dijalankan frame 2 pada Scene 1 tersebut.

stop();

Untuk menghentikan suatu kegiatan yang sedang berlangsung pada frame tersebut.

btn_Play.onRelease = function()

{

gotoAndPlay(“1”);

};

Pada saat btn_Play ditekan akan pergi dan memulai di frame 1.

Source code bisa di dl sini:

FlashCS3

Flash8

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada November 1, 2010 in Flash

 

Tag: , , ,

2 responses to “Flash8 & Flash CS3— Membuat Lilin Menyala Yang Padam Saat di Klik Dengan Mouse

  1. keynara79eko

    Maret 4, 2015 at 9:11 am

    sudah baik kok tutorialnya, cuma kurang menu tutorialnya aja,, coba di tambah tutorial tentang robot 2 dimensi gan …

    Suka

     
    • 8oni

      Maret 4, 2015 at 12:41 pm

      Robot 2 dimensi? Seperti apa contohnya? Pakai AS maksudnya? :penasaran:

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: