RSS

Novelty — Portrait/Side Image, Video, Volume Control/Slider

27 Jun

Halo🙂

Kembali lagi ke topic tentang Novelty. Postingan kali ini akan membicarakan portrait, video, volume control.

PORTRAIT/SIDE IMAGE

Sebelumnya, apa itu Portrait? Portrait adalah gambar di samping text box [beberapa orang mungkin memanggilnya side image karena itu] yang menunjukkan actor mana yang sedang berbicara. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah.

Hasil jadi

Seperti bisa dilihat gambar di atas menunjukkan actor dan portrait nya

Pertamatama, actor dan portrait memiliki state yang sama. Kalau actor di scene sedang marah maka portrait nya akan tampak marah dan seterusnya. Jadi yang perlu kita lakukan sekarang adalah membuka nml actor yang kemarin sudah kita buat. Sebagai contoh saya akan membuka nml actor bernama Tokudaya_Tatie_14 yang saya punya.

1

Kemudian copy actor set tersebut.

2

Buat object baru Image Set

3

Paste set actor yang tadi kita copy ke dalam Untitled set yang baru kita buat

4

Ganti nama image set tersebut [hal ini penting agar Designer tidak ‘crash’] dengan nama apapun yang Anda suka. Tapi menurut saya sudah cukup kalau Anda tambahkan kata Portrait. Kemudian klik kanan dan pilih Set attribute ->Filter kemudian ketikkan Portraits pada tab Filter.

6

5

Klik kanan pada set tersebut dan pilih Add trait->Character portrait

7

Simpan hasil pekerjaan di folder Asset

8

Buka Novelty, Anda bisa menemukan portrait baru Anda di dalam folder Actors di dalam folder Portraits. Sekarang untuk menggunakan portrait ini, klik kanan dan pilih Add to Scene atau klik 2 kali. Letakkan mouse di sisi sebelah bawah dan tarik ke atas untuk mengecilkan portrait kemudian resize portrait dan taruh di posisi yang Anda inginkan. Portrait berbeda dengan actor, kalau actor ditampilkan dengan menggunakan perintah Enter actor, portrait ditaruh di Scene dan di sembunyikan –dengan mengklik tanda mata yang ada di samping- karena kita pasti akan memakai lebih dari 1 portrait dan kalau tidak disembunyikan portrait-portrait ini akan saling menumpuk satu sama lain. Novelty memiliki sample projek tentang portrait ini bernama Sample_Portraits yang bisa dicari dengan menggunakan menu Open pada Novelty. Silakan dibuka untuk melihat contoh pemakaian portrait lebih dari 1.

9

10

UPDATE!

Karena alasan yang saya juga tidak mengerti sepertinya kalau menggunakan Add Trait-> Character Portrait itu bisa terjadi error. Jadi ini cara kedua, yang lebih lama dikit tapi pasti aman.

Jadi copy-paste as new object. Ganti nama.

Kemudian klik kanan dan pilih Set attribute ->Filter kemudian ketikkan Portraits pada tab Filter.

Sampai sini masih sama dengan cara di atas.

Sekarang, klik kanan pada Image Set tersebut dan pilih Add child->Traits.

1

Lalu klik kanan pada Trait tersebut dan pilih Add child->Character Portrait.

2

Jangan lupa tambahkan Filter sesuai langkah di atas kalau belum.

3

Portrait sudah siap dipakai di Novelty🙂 [Yang hijau-hijau itu jangan dipedulikan ok :p ]

4UPDATE

Bagi yang ingin belajar secara visual saya sudah membuat video tentang portrait di Novelty yang bisa dilihat di sini

VIDEO

Kalau Anda memperhatikan di bagian Action catalog terdapat 3 menu yang berhubungan dengan Video :

ü  Play Video

ü  Stop video

ü  Seek video.

Play video berfungsi untuk menampilkan video. Video yang akan ditampilkan sebelumnya harus ditaruh di dalam Asset folder. Kemudian ambil media video yang diinginkan dari  folder Objects->Video dari window Asset library dengan mengklik 2 kaliSaya akan menggunakan Video with reflection (16:9).  Kemudian klik 2 kali pada pilihan Play video dan pilih video yang ingin di tampilkan. Jangan lupa untuk menambahkan Wait action supaya video bisa tampil.

3

1

2

Stop video berfungsi untuk menghentikan video. Kombinasikan ini dengan Wait action dan Anda akan bisa menghentikan video pada waktu tertentu. Contohnya seperti gambar di bawah ini

4

Kombinasi di atas akan membuat video berhenti pada detik ke 60

Seek video berfungsi untuk menampilkan video mulai dari waktu tertentu. Contohnya seperti gambar di bawah ini

5

Video YUI-Life akan mulai di putar dari menit ke 1.

VOLUME CONTROL

Novelty memiki pengatur suara atau volume control bawaan yang terdapat pada folder Objects bernama Sample Slider. Klik 2 kali kemudian atur posisi slider tersebut di scene [atau taruh di Screen juga bisa—lihat gambar di bawah untuk contoh] dan atur volume mana yang mau disetting.

1

Screen bernama Properties dengan slider bawaan Novelty yang disetting untuk mengontrol volume BGM.

Kita bisa memilih volume mana yang ingin kita kontrol dengan menggunakan pilihan dari Property Inspector. Sebenarnya slider tidak terbatas hanya untuk volume control, tapi mungkin itu untuk bahasan lain kali saja J [coba cek Screen Log pada Projek template untuk melihat contoh penggunaan slider yang lain]

Seperti semua asset pada Novelty, kita bisa membuat sendiri Slider yang ingin kita gunakan dalam projek kita. Silakan download gambar contoh di bawah ini atau gunakan sendiri gambar milik Anda juga boleh.

Bar copy2

Gambar untuk bar [bagian bawah slider], ukuran 200×200. Simpan ini dengan nama Bar.

Thumb copy

Gambar untuk thumb [bagian yang digerakkan oleh player], ukuran 200×200. Simpan ini dengan nama Thumb.

Hasil slider nya akan terlihat seperti ini :

Hasil jadi

Catatan kaki : Kenapa gambar untuk bar polos? Karena kita akan menggunakan border untuk bagian bar dan kalau ada gambarnya akan terlihat aneh karena mungkin gambarnya akan ‘tertarik’.

Buka Designer kemudian ketikkan code dibawah ini pada tab Code [Slider sedikit berbeda dengan objek yang lainnya, kalau pada Slider kita harus mengetikkan code dulu untuk bisa membuat slider]

2

Kemudian klik pada tab Design, klik kanan pada Slider yang kita buat dan pilih Add child->Thumb dan Add child->Bar. Urutan tidak masalah.

3

Sekarang load texture yang akan kita pakai untuk slider dengan mengklik gambar telur dan memilih Create texture resource from file.

Kalau sudah sekarang klik kanan pada Bar dan pilih Add child->Border. Pada tab Texture resource pilih texture Bar.

Klik kanan pada Thumb dan pilih Add child->Image dan pilih texture Thumb pada tab Texture Resource.

4

Sekarang, misalnya Anda ingin merubah ukuran thumb pada slider, klik pada Thumb dan centang pilihan Size pada tab Additional attributes. Untuk mengisi ukuran gunakan %.

5

Kalau merasa puas dengan hasilnya silakan langsung simpan di Asset folder dengan nama Test Slider dan Anda bisa langsung menggunakannya di Novelty.

6

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ^_^

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 27, 2013 in Visual Novel

 

Tag: , ,

18 responses to “Novelty — Portrait/Side Image, Video, Volume Control/Slider

  1. Farih Nazihullah

    Agustus 2, 2013 at 9:01 am

    kk tidak adakah link untuk download karakter monster??

    Suka

     
    • 8oni

      Agustus 2, 2013 at 7:56 pm

      Coba cari di internet ketikkan ini ‘monster sprite’. Terus cek copy-rightnya, biasanya sih di Deviant Art ada banyak free sprite boleh dipakai asal nge-link balik. Tapi jangan menyerah ya kalau adanya sedikit, coba saja buat sendiri. Gambar terus di scan kan bisa. [Cosplay jadi hantu terus dipakai di vn buatan sendiri juga ok tuh, monsternya jadi hantu lokal Indonesia kan boleh juga tuh]

      Suka

       
  2. Farih Nazihullah

    Agustus 27, 2013 at 5:35 pm

    Oh Mas, kalau misalnya karakter yang original di Novelty sama karakter yang ada di Tokudaya apa itu masuk character free.

    Suka

     
    • 8oni

      Agustus 27, 2013 at 6:20 pm

      Kalau yang bawaan Novelty memang itu free, dari dev nya dicari memang yang bisa dipakai bebas supaya tidak kena masalah nanti. Tokudaya Tatie itu kalau dibaca di webnya boleh saja” dipakai, diedit juga ok. Jadi memang untuk dipakai bebas, kalau ternyata tidak bisa nanti yah pasti akan saya pasang pengumuman tentang itu.

      Suka

       
  3. Farih Nazihullah

    Agustus 29, 2013 at 10:34 am

    Apakah ga ada mas tutorial untuk buat/edit character sendiri?

    Suka

     
    • 8oni

      Agustus 29, 2013 at 11:02 am

      Yang ini maksudnya? Coba cek daftar isi atau klik tag tutorial Novelty nya buat lihat tutorial lainnya

      Suka

       
  4. Farih Nazihullah

    Agustus 29, 2013 at 4:17 pm

    Yah Mas, kalau itu kita masukin character ke dalam desainer, yang saya maksud caranya buat karakter original sendiri . . .

    Suka

     
    • 8oni

      Agustus 29, 2013 at 8:58 pm

      Kalau itu saya tidak ada buat postingannya, kalau mau tahu cara menggambar karakter original sendiri ya kamu harus cari ke tempat lain. Coba lihat di Deviant Art, ada banyak kok komunitas artis Indonesia, gabung saja di sana mereka pasti mau membantu kalau ditanya. Atau tanya saja tutorial cara menggambar sama mbah Google. Kalau dari saya sendiri sih, untuk membuat karakter original itu pertama-tama kamu harus punya bayangan ini karakter, karakter seperti apa? Umurnya berapa? Gender? Penampilan? Sifat nya? Kalau kekanak-kanakan biasanya orang buat rambutnya ikat 2, tomboi/atletis pendek, anggun/nona besar panjang. Ini dicari di Google bisa kok. Soalnya sifat/latar belakang/karakter kan pasti mempengaruhi juga cara berpakaian/ekspresi karakter itu. Apalagi kan kalau untuk vn sprite itu bisa dibilang salah satu unsur nyawa dari vn. Jadi yah, ceritanya dulu kalau sudah, terus karakter nya berapa orang. Kalau kamu tidak bisa gambar juga bisa cari orang lain yang bisa gambar, terus kamu kasih detail penampilannya. Menurut saya sih itu saja.

      Suka

       
  5. Farih Nazihullah

    Agustus 30, 2013 at 8:13 am

    Oh Ya Mas, Makasih. Nanti nanti kalau ada masalah saya tanya lagi . . .

    Suka

     
  6. ginamahawira

    Oktober 20, 2013 at 7:50 am

    Aku ada masalah nih, min. Kalau mau buat Portrait pasti Designer selalu crash (muncul tulisan; Designer.exe has stopped working) <– semacam kayak gitulah…. Itu kenapa min? Padahal aku udah ulang berkali – kali tetap aja gabisa😦 Kira-kira ada kesalahan apa ya?

    Suka

     
    • 8oni

      Oktober 20, 2013 at 12:49 pm

      Ganti nama image set tersebut [hal ini penting agar Designer tidak ‘crash’] dengan nama apapun yang Anda suka. Tapi menurut saya sudah cukup kalau Anda tambahkan kata Portrait. Kemudian klik kanan dan pilih Set attribute ->Filter kemudian ketikkan Portraits pada tab Filter.

      Setelah copy-paste set actor nya, namanya sudah diganti belum? Kalau belum diganti nanti pasti crash, karena jadi ada 2 image set dengan nama yang sama. Bisa dilihat di gambar di atas yang untuk aktor namanya Tokudaya_Tatie_14 dan yang portrait namanya Tokudaya_Tatie_14_Portrait, jadi image set yang sama tapi namanya berbeda.

      Kalau masih error silakan komen lagi🙂

      Suka

       
  7. ginamahawira

    Oktober 21, 2013 at 3:53 pm

    Kak, saya sudah ganti nama image set-nya setelah tahap ‘Paste as new object’ itu… Tapi tetap ga berhasil jika saya memasuki tahap ‘Add Trait –> Character Portrait’😦 Itu gimana kak solusinya? Ada kesalahan apa lagi kira2…

    Suka

     
    • 8oni

      Oktober 21, 2013 at 6:38 pm

      Hmm, aneh, sekarang saya juga mengalami masalah yang sama. Sepertinya kadang kalau pakai Add trait->Character Portrait itu bisa terjadi error.
      Jadi ini cara amannya. Kamu klik Add child->Traits. Lalu baru di Traits itu kamu klik kanan lagi dan pilih Add child->Character portrait. Selanjutnya tinggal tambahkan saja Filter dan selesai. Gambar sudah ditambahkan di postingan di atas. Kalau masih ada masalah silakan berkomentar lagi🙂

      Suka

       
  8. ginamahawira

    Oktober 25, 2013 at 7:19 pm

    Terima kasih atas bantuannya kak, sekarang aku udah bisa buat Portraits utk dialog di VN😀 sekali lagi terima kasih banyakk…. Saya tunggu postingan lain soal Novelty.. Kalo bisa share juga dong game-game VN di site kakak biar lebih banyak mengundang visitors juga.. Hehe😆

    Suka

     
    • 8oni

      Oktober 25, 2013 at 11:00 pm

      Senang bisa membantu🙂
      Yah akan saya usahakan update tentang Novelty sesering mungkin. Kalau share game-game vn, mungkin kapan-kapan akan saya postingan tentang itu.🙂

      Suka

       
  9. Adit Stone Hold

    Maret 18, 2014 at 8:12 pm

    apakah bisa memunculkan potrait tanpa karakternya ????
    q pingin munculin buat karakter utamanya jd cuma kayak emosi gitu

    Suka

     
    • 8oni

      Maret 18, 2014 at 10:22 pm

      Bisa. Kalau pakai cara di atas kan masukkan ke stage di global layer, sementara kalau mau portraitnya saja ya masukkan portraitnya persis seperti cara memasukkan aktor.🙂

      Edit : Sorry gan, cara ini salah. Ntar kalau pas ditest nga nampak karena kalau portrait harus sama aktornya. Jadi caranya ya agan masukkan dulu aktornya ke scene terus ukurannya diubah saja [tinggal tarik saja ke atas seperti contoh di postingan atas] jadi cuma kelihatan kepalanya seperti portrait terus tinggal dibuat aktor baru dan gunakan aktor yang sudah dimodifikasi seperti portrait itu seperti cara di atas.🙂

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: