RSS

Give Blood Give Life — Donor Darah Yuk!

30 Agu

Halo🙂
Topic kali ini sedikit berbeda. Sebenarnya dari dulu saya ingin menulis ini, namun baru kesampaian sekarang.
Pertama-tama, mungkin saya harus memberikan dulu latar belakang kenapa saya ingin menulis tentang donor darah. Sewaktu saya kecil, saya suka membaca manga. Bukan cuma manga sebenarnya, tapi apa saja yang bisa saya baca saat itu. Tapi sampai sekarang saya masih ingat adegan dimana tokoh utama dalam manga tersebut mendonorkan darahnya. Manga itu bergenre komedi jadi waktu saya melihat adegan donor darah tersebut saya melihat hal tersebut sebagai hal yang menyenangkan. Jadilah saat itu saya bertekad untuk bisa mendonor darah ketika saya dewasa.
Donor darah saya yang pertama terjadi 3 bulan setelah saya menginjak usia 17 tahun. Dan waktu itu saya sendiri yang mendatangi PMI menanyakan bisa donor tidak sambil membawa kartu identitas. Jadi kalau memang berniat, Anda bisa datang sendiri ke PMI, jangan hanya menunggu ada orang yang datang mengajak atau ada acara baru ikut.🙂
Berikut ini adalah informasi yang saya copy-paste dari blog ini

Syarat-syarat teknis menjadi donor darah:
• Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
• Berat badan minimal 45 kg
• Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
• Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
• Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
• Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
• Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Untuk poin yang terakhir saya mendengar dari orang PMI [waktu itu sekitar tahun 2006an, jadi sudah cukup lama juga dan tahun 2012 kemarin saya juga mendengarnya 75 hari] kalau untuk mendonor jangka waktunya 75 hari, jadi bukan 3 bulan/90 hari seperti ditulis di atas. Tapi ketika saya mencari tahu lebih lanjut saya menemukan artikel ini  yang menyatakan kalau jangka waktu mendonor sekarang 56 hari. Dan ada artikel tambahan juga yang mendukung fakta 56 hari ini jadi saya akan menunggu seseorang mengklarifikasi ini, untuk sekarang saya bisa bilang dengan pasti kalau 75 hari itu sudah bisa donor.

Seseorang tidak boleh menjadi donor darah pada keadaan:
• Pernah menderita hepatitis B
• Dalam jangka waktu enam bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis
• Dalam jangka waktu enam bulan sesudah transfusi
• Dalam jangka waktu enam bulan sesudah tato/tindik telinga
• Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi
• Dalam jangka waktu enam bulan sesudah operasi kecil
• Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar
• Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, tetanus dipteria, atau profilaksis
• Dalam jangka waktu dua minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica, measles, dan tetanus toxin
• Dalam jangka waktu satu tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic
• Dalam jangka waktu satu minggu sesudah gejala alergi menghilang
• Dalam jangka waktu satu tahun sesudah transplantasi kulit
• Sedang hamil dan dalam jangka waktu enam bulan sesudah persalinan
• Sedang menyusui
• Ketergantungan obat
• Alkoholisme akut dan kronis
• Mengidap Sifilis
• Menderita tuberkulosis secara klinis
• Menderita epilepsi dan sering kejang
• Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk
• Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya kekurangan G6PD, thalasemia, dan polibetemiavera
• Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang berisiko tinggi mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, dan pemakai jarum suntik tidak steril)
• Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan saat donor darah.

Manfaat mendonor darah :
1. Pada saat tes kesehatan sebelum donor, dokter akan memastikan secara keseluruhan apakah anda saat itu bisa donor atau tidak. Untuk itu sebagai calon pendonor/standby donor, mau enggak mau jaga kesehatan terus menerus. Ini #ManfaatDonor
2. Untuk pendonor reguler, tiap 3 bulan sekali dicek kesehatannya secara gratis, minimal tahu kadar HB, tekanan darah dsb. Jadi tahu kondisi sendiri.
3. Untuk pendonor apheresis karena harus terus menerus standby mau tidak jadi jaga kesehatan lebih ketat.
4. Jika terinfeksi HIV atau darah donor reaktif & tdk lolos screening PMI akan kirim surat pemberitahuan.
5. Dengan donor anda bisa mengurangi resiko sakit jantung.
6. Setelah donor dibutuhkan 4-8minggu untuk mengganti sel darah yang hilang proses ini malah bagus untuk tubuh.
7. Dengan donor sudah dipastikan tweeps menolong orang lain.
8. Satu langkah kecil beberapa menit saja & melawan ketakutan mendonor bisa jadi akan memperpanjang hidup seseorang hingga bertahun-tahun sesudahnya.
9. Satu kantong darah yang didonorkan bisa digunakan utuk menyelamatkan 3 orang.
10. Dengan kesadaran mendonor & kesediaan mendonor, maka kita mengurangi ketakutan menipisnya persediaan darah saat dibutuhkan.
11. Dengan kesadaran & kesediaan donor & menjadi standby donor, maka bersama-sama kita menciptakan masyarakat yang lebih baik.
12. Dengan mendonor anda tidak hanya menyelamatkan seseorang tapi juga telah membuat keluarga, sahabat dan orang terkasih di belakang penerima donor lega dan bisa tersenyum.

Untuk nomor 5 saya akan memberikan penjelasan lebih lanjut :
Saat kita mendonor kita secara tidak langsung membuang 225-250 miligram besi dari dalam tubuh kita, karena besi mengoksidasi kolesterol dan menyebabkan meningkatnya resiko serangan jantung maka dengan membuang sedikit besi ini kita sudah mengurangi resiko terkena serangan jantung. Tentu saja besi bukan satu-satunya penyebab serangan jantung, namun dengan mendonor berarti kita sudah mengurangi salah satu resiko ini bukan?
Sebagai tambahan, menurut penelitian yang dipublish di American Journal of Epidemiology, pendonor darah memiliki 88% kemungkinan untuk tidak terkena serangan jantung dan 33% kemungkinan untuk tidak terkena penyakit jangtung apapun.
Dikutip dari http://www.oneblood.org/media/nancys-news/20376-Health-Benefits-of-Donating-Blood.stml dan http://www.dsclebanon.org/giving_blood-benefits_of_donating_blood.php dan http://www.dailymail.co.uk/health/article-2333882/Donating-blood-good-YOUR-health-receiver.html

Sebagai tambahan, dengan rutin mendonor kita juga bisa sedikit membakar kalori, karena dengan mendonor 1 pin [450 ml] kita membakar kalori sebanyak 650 kalori.
Tambahan terakhir dari saya sebagai pendonor tetap yang sudah mendonor sebanyak 30 kali [maaf tidak ada print screen untuk bukti, tapi saya juga tidak akan berbohong untuk hal seperti ini], mendonor darah itu tidak sakit kok, prosesnya cepat dan rasanya menyenangkan kalau selesai mendonor karena dengan begitu berarti diri ini sehat dan bisa membantu orang lain.
Jadi mulailah mendonor. Kalau tidak bisa, bujuklah keluarga/teman/kenalan supaya mendonor. 

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ^_^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 30, 2013 in Kesehatan

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

 
