RSS

Novelty — Hotspot, Thread, Branch

10 Sep

Halo🙂

Postingan kali ini akan membicarakan tentang Hotspot, Thread dan Branch

Hotspot

Kalau Anda sering bermain game pastinya Anda akan menemukan game dengan peta dimana Anda bisa mengklik nama lokasi di peta tersebut kemudian Anda akan menuju ke sana. Nah, nama lokasi itulah yang akan kita buat dengan hotspot. Kenapa dibuat dengan menggunakan hotspot dan bukan menggunakan button? Kalau dengan menggunakan button kita harus membuat button untuk setiap lokasi yang bisa diklik oleh user. Sementara dengan hotspot kita tinggal menambahkan hotspot di atas gambar peta tersebut sehingga menghemat pekerjaan kita.

Dibawah ini ada gambar peta yang bisa digunakan, gambar peta ini saya buat dengan menggunakan Photoshop dan kalau ingin tahu bagaimana cara membuatnya silakan klik link berikut ini. Simpan dengan nama peta dan masukkan sebagai BG di Novelty dengan menggunakan menu  File->Import Assets->Images. Akan muncul jendela Image import wizard, cari gambar peta yang sudah disimpan dan centang Background. Klik ok.

Hasil jadi

_0

Nama peta yang saya import adalah Hasil jadi. Jangan terlalu dipermasalahkan perbedaan nama peta ini. Peta ini hasil jadi dari postingan saya tentang menggunakan Photoshop untuk membuat peta. [link sudah ada di atas]

Kita bisa menggunakan BG peta ini pada Screen tersendiri dengan nama Screen Peta misalnya. Jadi nanti pada user interface vn kita bisa menambahkan tombol untuk membuka screen ini [seperti pada game RPG]. Untuk menampilkan BG pada Screen bisa dilihat di postingan bagian pertama kalau lupa caranya J

Untuk menambahkan hotspot klik kanan pada stage dan pilih Create new object->Hotspot.

Intermezzo sejenak :

Kalau Anda memperhatikan digambar terlihat bahwa ada banyak pilihan yang muncul saat kita mengklik kanan stage. [Diantaranya ada video yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.] Selain Hotspot saya juga menggunakan Text object untuk memberi nama pada bg peta. Kalau nantinya Anda menggunakan peta yang sudah ada namanya itu juga tidak masalah. Kenapa saya bahas ini? Karena cara kerja setiap orang berbeda. Mungkin ada yang ingin membuat dengan system kalau semua tampilan kota sudah muncul namun user tidak bisa memilih atau ada yang membuat nama kota baru muncul kalau user bisa datang ke sana. Itu sudah masalah code. Tapi dari hal kecil seperti pemilihan peta ini saja nantinya akan mempengaruhi alur permainan game yang Anda buat dan juga beban kerja pada sang artis. Hanya sekedar intermezzo saja. Jangan dibuat pusing ok🙂

1 2

Kotak biru di atas adalah Hotspot. Oh iya, jangan kaget kalau saat Anda membuat Text box atau Hotspot layar berubah menjadi hitam. Itu bukan berarti BG nya hilang, itu cuma cara kerja Novelty saja.

Klik pada hotspot dan pada tab Property Inspector bisa dilihat kalau fungsi hotspot memang mirip dengan button. Hanya saja hotspot tidak akan kelihatan saat Novelty dijalankan. Jadi hotspot juga bisa berfungsi untuk hal lainnya selain membuat peta [ada yang berminat membuat game mencari barang misalnya? J ]

Silakan buat dulu Page dengan nama kota yang akan dituju, dalam hal ini Atlantis.

Hotspot sama seperti button, kita bisa memilih aksi yang akan dilakukan oleh hotspot saat diklik dengan menggunakan pilihan pada window Property Inspector.

3

Thread

Thread digunakan untuk membuat cabang dari cerita. Karena kita membuat vn maka tentu saja cerita yang akan kita buat berbeda satu sama lainnya sesuai dengan pilihan yang dibuat oleh user. Akan lebih jelas kalau langsung saya praktekkan saja. Jadi silakan buat pengenalan tokoh [tambahkan portrait kalau mau, saya membuat page Atlantis dengan menggunakan tokoh Kabotya karena sudah ada langsung portraitnya di Novelty, nanti contoh projek akan saya share J ] sekedar untuk pembukaan di page Atlantis.

Kemudian tambahkan dialog “Jadi, kenapa kamu kemari wahai anak muda?”

Kemudian klik kanan pada page Atlantis dan pilih Add thread kemudian rename thread itu dengan nama ‘Aku tidak tahu’. Ada 2 cara menggunakan thread, dengan menggunakan menu atau dengan menggunakan action Play thread. Pertama-tama kita akan menggunakan menu. Jadi tambahkan menu dengan 2 pilihan ‘Diam’ dan ‘Aku tidak tahu’. Biarkan saja pilihan Diam. Pilih Play thread pada pilihan Aku tidak tahu dan pilih thread Aku tidak tahu.

45

Ketikkan dialog ‘Aku tidak tahu, tiba-tiba saja aku telah berada di sini’ pada thread Aku tidak tahu. Kemudian kembalilah ke page Atlantis dan ketikkan ‘Baiklah, aku akan membawamu ke hadapan raja Poseidon, biar raja yang memutuskan apa yang akan dilakukan denganmu’

Sampai disini dulu, jalankan Novelty dan pilih kedua pilihan tersebut. Di sini terlihat perbedaan sekilas dari kedua pilihan itu hanyalah bahwa user sempat mengatakan bahwa ia tidak tahu kenapa ia berada di sana. Bagaimanapun, diam atau bicara pada akhirnya user akan berhadapan dengan sang raja. Jadi kita bisa melihat dari contoh diatas bahwa thread digunakan untuk membuat semacam cabang cerita namun pada akhirnya cerita akan tetap kembali ke page yang sama atau tetap di satu jalur cerita.

Branch

Selanjutnya adalah branch. Berbeda dengan thread, dengan branch jalan cerita akan menjadi berbeda sesuai dengan pilihan yang kita buat. Kemarin-kemarin saya sudah menjelaskan sekilas tentang variabel, nah kita bisa mengkombinasikan branch dengan variabel. Jadi misalnya dalam cerita tokoh utama kita nantinya akan menghadap sang raja, lalu nanti akan muncul pertanyaaan-pertanyaan dari sang raja yang akan bernilai 1 poin setiap pertanyaan. Kita akan membuat 3 pertanyaan saja, jadi kalau user menjawab dengan benar nilainya seharusnya max 3. Lalu kemudian kita akan membuat pengecekan apakah poin = 3 atau tidak. Kalau sama nanti kita akan membuat user bisa pergi ke alun-alun misalnya dan kalau tidak sama user akan diminta tinggal dulu sementara di tempat tertentu. [di penjara mungkin?]

Kalau di vn dengan tema dating simulation biasanya pengecekan seperti ini dilakukan terakhir, ‘skala cinta’ diukur apa cukup untuk jadi pacar. Tapi bisa juga kita buat pengecekan di tengah-tengah seperti ini, semuanya tergantung dengan cerita yang ingin Anda buat J

Saya akan memberi sedikit percakapan singkat dengan sang raja, kemudian baru kita tambahkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin kita ajukan. Saya akan menggunakan teka-teki untuk pertanyaan dari sang raja. Berikut adalah pertanyaannya

  • Bersisik bukan ikan, berpayung bukan raja, apakah itu? Jawaban : nenas
  • Orang yang membelinya tidak menggunakannya, orang yang membuat tidak menggunakannya, orang yang memakainya tidak tahu kalau ia menggunakannya, apakah itu? Jawaban : peti mati
  • Pada pagi hari ia berkaki 4, pada siang hari ia berkaki 2 dan pada senja hari ia berkaki 3. Apakah itu? Jawaban : manusia

Kita akan menggunakan menu untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Tapi sebelumnya kita harus membuat dulu sebuah variabel bernama poin untuk menampung nilai benar dan salah dari pertanyaan yang akan kita buat.

branch1

Klik pada Set game variable di Action Catalog dan isi sesuai dengan gambar di atas

Kemudian baru kita masukkan menu untuk setiap pertanyaan yang ada [sudah ada di postingan sebelum ini jadi tidak perlu saya beri tahu caranya bukan🙂 ]

branch2

Silakan memilih Menu style yang diinginkan, saya memilih Sample menu 3 karena paling tebal jadi terlihat dengan mudah saat di screen shoot. Saya menggunakan 2 pilihan namun kalau mau lebih silakan saja. Kemudian Anda bisa mengubah-ubah urutan jawaban benar salahnya, jadi bisa nenas dulu baru pisang, yang terpenting adalah pada pilihan yang benar Anda atur Event : set variable, kemudian ketikkan nama variable yang tadi sudah kita buat sebelumnya yaitu poin. Pada Operator pilih Add karena kita akan menambah nilai poin [Anda bisa juga membuat sistem di mana jawaban yang salah poin nya berkurang 1 untuk vn Anda J ], ketikkan nilai yang ingin ditambahkan yaitu 1.

Lakukan hal yang sama untuk pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

Selanjutnya buatlah sebuah page bernama Penjara. Beri deskripsi sesuai yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menambahkan End novel agar Novelty tidak ‘hang’ saat dijalankan.

branch3

Kembali ke page Atlantis, klik 2 kali Branch dari Action catalog. Branch menggunakan logika if, and dan or.

Klik pada Condition di Property Inspector, akan muncul jendela Edit condition, kemudian klik tanda & di pojok kiri atas dan masukkan nama variabel kita -poin- dan kondisi pengecekan –Is equal- dan value (nilai) yang di cek -3- .

branch4

Sekarang, kalau poin setara dengan nilai 3, berarti semua pertanyaan dijawab dengan benar, maka kalau benar kita tidak perlu melakukan apapun, karena dialog akan tetap berlanjut di page Atlantis.

Kalau tidak setara dengan 3 yang berarti kondisi false (salah) user akan dibawa menuju ke page Penjara yang tadi sudah kita buat.

Test projek. Semuanya berjalan dengan lancar, tapi bisa kita lihat pada saat masuk di penjara Poseidon masih tetap ada. Ini karena kita berganti page tanpa menarik dulu aktor Poseidon dari scene. Untuk mengatasinya tambahkan Withdraw actor sebelum Branch dan karena ada dialog Poseidon maka tambahkan Enter actor setelah Branch.

branch5

Projek dari postingan ini [*.nov] bisa di dl di

Novelty

Oh iya, projek ini tanpa peta [hotspot] jadi langsung adegan di Atlantis. Kenapa? Karena walaupun saya berikan di dalam, peta nya juga tidak akan kelihatan di tempat Anda [harus di import dulu di tempat Anda] jadi daripada setengah-setengah seperti itu lebih baik saya kira Anda yang buat sendiri saja untuk hotspotnya. 🙂

Silakan tinggalkan komentar dan tolong dishare kalau postingan ini dirasa berguna

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ^_^

 
29 Komentar

Ditulis oleh pada September 10, 2013 in Visual Novel

 

Tag: , , , ,

29 responses to “Novelty — Hotspot, Thread, Branch

  1. JegerJelek

    Januari 4, 2014 at 2:55 pm

    Cara membuat skala cintanya gimana sih, gan? trus kalo mau buat mapnya hotspotnya nggak bisa dimasukkin sampai skala cintanya 25 persen misalnya gimana? info ini membantu banget gan. kebetelun ane tertarik mau buat, tapi nggak bisa bikin script

    Suka

     
    • 8oni

      Januari 4, 2014 at 7:03 pm

      … Skala cinta…? Maksudnya mau bikin variabel cinta dengan % yang nilainya berubah sesuai dengan pilihan yang ada [pakai thread/branch] seperti itu? Dan ada pilihan di peta yang hanya muncul/kelihatan kalau ‘cinta’ ini sekian % misalnya?

      Suka

       
  2. JegerJelek

    Januari 5, 2014 at 2:03 pm

    Iya, kurang lebih sih kayak gitu.

    Suka

     
    • 8oni

      Januari 5, 2014 at 5:51 pm

      Buat saja variabel bernama cinta terus berdasarkan contoh di sini agan coba buat situasi/pertanyaan yang kalau dijawab salah nantinya nilai ‘cinta’ ini berkurang atau bertambah. Untuk yang peta kalau mau gampang buat supaya kalau sudah mendekati akhir game ada pengecekan nilai variabel ‘cinta’ ini. Jadi kalau tidak dapat nilai cukup yang bakal kelihatan petanya.
      Saya tidak tahu apa ini termasuk yang dicari sih, tapi ini ada contoh Property Binding dari forum Novelty yang mungkin bisa membantu karena temanya juga tentang paramater cinta. Coba di cek saja dulu projectnya. Saya juga ada membuat postingan tentang Property Binding yang bisa dibaca supaya lebih jelas.

      Suka

       
  3. JegerJelek

    Januari 5, 2014 at 8:23 pm

    Oke, saya udah baca, tinggal praktek. thanks ya

    Suka

     
  4. JegerJelek

    Januari 6, 2014 at 11:36 am

    mas, ane mau nanya. ane kan dah buat visual novel (demonya) ane masukin BGM, pas test play bisa (ada suaranya). pas di export trus jadi exe, ane coba lagi play, BGM nya gk kedengeran. trus Volume control yang ane bikin gk bisa dinaikin maupun diturunin. itu bug bukan, sih? kalau bug ada solusinya gak?

    Suka

     
    • 8oni

      Januari 7, 2014 at 2:50 pm

      BGM ya? Di jendela Asset Library kan ada 2 tab tuh, yang satu All Assets dan yang satu In Use. Kadang asset yang kita gunakan nga kebawa/masuk ke dalam projek jadi coba cek di tab In Use, kalau ada BGM nya berarti ini kemungkinannya hal lain. Kalau nga ada BGM nya di tab In Use, klik kanan pada BGM itu di tab All Assets kemudian pilih Add to project Resources.
      Terus kalau ternyata di dalam tab In Use ada tapi BGM nya nga kedengaran, ini BGM nya nga kedengaran sejak awal atau di tengah-tengah? Kalau di tengah-tengah mungkin saja karena terlalu banyak menggunakan SFX. Karena alasan yang tidak dimengerti, kalau menggunakan SFX lebih dari 15x, waktu yang ke 16 BGM nya akan mati sendiri.
      Kalau sejak awal tidak ada suara, karena saya yakin agan seharusnya sudah mengekspor suara dengan baik dan benar sebagai BGM dan memanggilnya dengan menggunakan Action Play BGM dari jendela Action Dialog, berarti kemungkinannya ada pada Slider/Volume Control yang dipakai. Coba hapus dulu itu dari Novelty, kalau ternyata sudah dihapus masih ada masalah suara, komen lagi saja.
      Terus untuk yang Slider/Volume Controlnya, waktu buat di Designer memang sudah nga bisa digerakin ya? Itu buatnya sudah sesuai dengan petunjuk di postingan ini belum? Kalau sudah, coba buka di Designer Slider ini [nml nya] terus coba digerak-gerakin, kalau nga bisa berarti ada masalah sejak pembuatan di Designer.
      [Kalau sudah begitu tolong kasih screen shoot di Designer nya biar saya bisa mengira-ngira masalahnya di mana]
      Kalau bisa digerakin dengan lancar, agan ada ngutak-ngatik nilai Slider di jendela Property Inspector kah? Karena itu nilainya memang sudah default begitu. Jadi kalau sudah dibuat tinggal ditaruh saja di stage dan pilih ‘Output to’, tapi yang ‘Value’ sama ‘Min/Max’ nya jangan diganggu, biarin saja isinya 0-1 begitu.
      Semoga membantu🙂

      Suka

       
  5. JegerJelek

    Januari 7, 2014 at 5:21 pm

    makasih, mas. yang slidernya min/maxnya ane otak atik, pas dibalikin jadi 0-1 udah bener. kalo BGM masih bermasalah. ane cuman pake 1 BGM doank kok, udah ane add to project resource tetap nggak bisa. gimana donk, mas?

    Suka

     
  6. JegerJelek

    Januari 11, 2014 at 7:20 pm

    belum bisa sih gan, cuman nanti ane mau coba” sendiri. terima kasih buat info – infonya ya. saya mau coba di kompi laen siapa tau ngaruh

    Suka

     
    • 8oni

      Januari 11, 2014 at 10:45 pm

      Ok. Coba terus ya buat vn nya, jangan menyerah🙂

      Suka

       
  7. Adit Stone Hold

    Maret 6, 2014 at 8:05 pm

    tolong kasih tutorial utk membuat bar cinta
    jadi bar cinta naik ketika jawaban benar, utk skripsi gan😀

    q udh buat 4 character dengan berbagai emosi di novelty design tp pas q masukin ke “enter actor” kok g bisa di atur ukurannya y? soalnya characternya kekecilan

    Suka

     
  8. Adit Stone Hold

    Maret 7, 2014 at 1:34 pm

    wah tq bgt gan sangat membantu
    kl masukin mini game bs g gan? pingin q buat kl berhasil di mini gamenya nnt lanjut ke scene selanjutnya kalau gagal harus mengulangi

    Suka

     
    • Adit Stone Hold

      Maret 7, 2014 at 5:58 pm

      kl setting lewat design nya gmn gan?
      karakternya udh q masukin cm g mw q perbesar

      Suka

       
    • 8oni

      Maret 8, 2014 at 11:01 pm

       
    • 8oni

      Maret 8, 2014 at 10:59 pm

      Pakai timer saja gan,terus ntar buat supaya balik ke page di mana mini game itu ada. Jadi ntar mini gamenya ulang lagi dari awal. [Set saja semua varnya 0 di awal page mini game ini]
      Terus kalau untuk berhasilnya, agan buat saja sendiri scriptnya. Misal var sukses ==10 berarti langsung ganti page, seperti itu.

      Suka

       
  9. Adit Stone Hold

    Maret 15, 2014 at 10:22 pm

    makasih gan jwbnya
    mw tanya lg gan
    kan q udh buat 3 pilihan pake show menu
    dari ke tiga pilihan, 2 pilihan jwbnya sama trs balik lg ke pertanyaan. utk pilihan yg benar lanjut ke cerita
    itu caranya gmn gan?
    apakah hrs buat chapter baru utk membuat piliha yg salah????
    bingung gan ngaturnya biar rapi

    Suka

     
    • 8oni

      Maret 15, 2014 at 11:04 pm

      Sebentar… Jadi ada 3 menu, kalau yang A dan B dipilih, balik lagi ke pertanyannya dengan tetap 3 pertanyaan begitu…? Jadi selama nga milih C terus 3 pertanyaan begitu?

      Atau ada 3 pertanyaan, pilih A dijawab balik lagi tapi A nya hilang tinggal B dan C. Terus pilih B, jawab, B nya hilang sisanya tinggal si C.
      Tapi kalau dari awal pilih C langsung maju begitu…?
      Yang mana yang mau dibuat?

      Suka

       
  10. Adit Stone Hold

    Maret 16, 2014 at 1:53 pm

    kl g repotin bs di kasih tutorial cara pertama sama kedua gan?
    q sih rencana awal pake yg pertama tp kl yg kedua bisa lbh bagus soalnya pilihan yg udh di pilih bs hilang bs hilang😀

    sebelumnya terima kasih

    Suka

     
    • 8oni

      Maret 16, 2014 at 8:57 pm

      Ok. Tunggu ya, sebelum minggu depan saya usahakan sudah saya buat postingannya🙂

      Suka

       
  11. Adit Stone Hold

    Maret 17, 2014 at 12:24 am

    wah tq bgt gan😀

    tanya lg gan
    q udh buat bar cintanya. itu bar kalau misal sudah habis trs game over, itu gmn gan?
    sama template kl pingin ganti pas di tengah roses pembuatan game bs kah? soalnya dah sampe jauh bautnya

    Suka

     
    • 8oni

      Maret 18, 2014 at 6:28 pm

      Kalau template, nga bisa diganti. Jadi kalau mau ganti ya harus secara manual gan. Hapus text box button dll di stage dan ganti dengan yang baru, jangan lupa taruhnya di global layer.
      Terus kalau bar cinta sudah habis ya dibuat saja pindah page seperti contoh di atas. Jadi buat saja 1 halaman bertuliskan game over misalnya terus cek pakai branch sudah 0 atau belum. Ceknya ya setiap habis penambahan atau pengurangan variabelnya.

      Suka

       
    • Adit Stone Hold

      Maret 25, 2014 at 8:44 pm

      q cari” kok ngga ada y gan template utk text box sama namanya
      kl buat show menu ada

      Suka

       
    • 8oni

      Maret 25, 2014 at 10:22 pm

      Cari di dalam folder Textures->Imported di jendela Asset library. Sekalian kalau nyari button nya ada di dalam folder Objects. Tinggal klik 2x, taruh di global layer terus atur saja posisinya.

      Suka

       
  12. rangga

    Juni 20, 2015 at 3:47 pm

    misi saya mau tanya tentang branch dan variable,,,, jadi gini misal kalau kita sebut saja ada 2 target a dan target b… kita akan mengunakan variable dengan nama point a untuk a dan point b untuk b…. jika diakhir VN baru mengunakan branch untuk mengukur point A atau B untuk 2 ending berbeda….apakah variable itu masih tetap jalan walau saya menggunakan page atau chapter yang berbeda???…
    intinya jika saya mengunakan agap ada 2 page dan 2 chapter… variable ada di page 1 chapter 1 namun branch ada di chapter 2 page 2 apa masih bisa terhubung atau tidak???

    Suka

     
    • 8oni

      Juni 22, 2015 at 9:59 am

      Bisa. Selama variable yang digunakan adalah variabel global yang berarti bisa dipanggil atau dicek di semua bagian vn🙂
      Tahu variabel global atau tidak, kalau variabel nya di deklarasikan dengan menggunakan Set game variable dari Action catalog itu variabel pasti global. Dan kalau menggunakan script, variabel yang menggunakan $ di depannya adalah variabel glboal🙂

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: