RSS

Novelty — Camera, Property Binding, Project Template

12 Nov

Halo 🙂

Postingan kali ini akan berbicara tentang Camera, Property Binding dan Project Template

Camera

Di dalam visual novel, kadang muncul saat di mana ada gambar yang di zoom mendekat kemudian dikembalikan ke ‘pandangan’ normal. Untuk membuat efek seperti itu kita menggunakan kamera.

Jadi contohnya saya akan membuat efek zoom in ke muka Peter diikuti dengan zoom out sampai kembali ke tampilan interface yang biasanya.

Pada jendela Action dialog pada bagian Camera bisa dilihat ada 3 action :

  • Move Camera
  • Reset Camera
  •  Shake  Camera

Move digunakan untuk membuat perpindahan kamera menuju daerah yang diinginkan oleh pemain untuk di tampilkan dengan lebih detail.

Reset digunakan untuk mengembalikan kamera ke kondisi semula.

Shake digunakan untuk menimbulkan efek goncangan, contohnya saat ada adegan tokoh utama dari novel visual terkena bola voli misalnya atau saat membuat efek gempa bumi juga bisa.

Klik 2x pada icon Move Camera, akan muncul jendela sesuatu seperti bingkai pada layar Novelty. Kecilkan bingkai tersebut dan tempatkan pada daerah yang mau dizoom. Contohnya saya akan menempatkan bingkai tersebut pada muka Peter. Atur waktu dan hal lainnya pada Property Inspector.

1Sekarang coba jalankan Novelty dan akan terlihat adegan zoom in ke muka Peter dalam waktu 2 detik. Selanjutnya untuk membuat adegan zoom out dari muka Peter ke layar normal Novelty klik lagi 2x pada icon Move camera sehingga sekarang di Novelty ada 2 Move Camera.

2

Jalankan Novelty dan sekarang akan terlihat adegan zoom in ke muka Peter dan kemudian zoom out sampai terlihat tampilan layar Novelty.

Kenapa saya menggunakan 2 Move camera? Karena yang ingin dibuat adalah adegan zoom out-zoom in. Kalau menggunakan Move Camera dan Reset Camera adegannya akan berubah menjadi zoom out kemudian kamera langsung akan kembali ke posisi semula. Kalau misalnya adegan yang ingin Anda buat adalah yang seperti itu maka gunakanlah Move-Reset J

Untuk Shake Camera caranya sama seperti Move Camera, klik 2x pada icon Shake Camera dan atur kekuatan guncangan pada kamera [Magnitude], arah kamera berguncang [Directions] dan lamanya kamera berguncang [Time].

3

Anda bisa melihat contoh penggunaan kamera lainnya pada project Novelty bernama Sample_Camera.nov yang ada di dalam folder Projects pada Novelty.

Property Binding

Setiap pemain game pastinya tahu tentang bar hp, bar mana/MP atau bar exp yang akan berubah ukurannya sesuai dengan kondisi yang dialami pemain.

Property Binding adalah cara untuk membuat bar tersebut di Novelty.

Sebenarnya kita pernah menggunakan property binding sebelumnya, yaitu pada saat menggunakan $ di didepan variabel. Tanda $ adalah property binding yang kita gunakan pada teks seperti nama karakter, score, jumlah exp dan lain sebagainya.

Sekarang kita akan membuat sebuah bar yang bentuknya akan langsung berubah sesuai dengan jalannya permainan. Contohnya sekarang kita akan membuat sebuah bar yang berwarna hijau yang akan menampung hp kita yang nantinya akan berkurang seiring dengan perjalanan cerita.

Untuk membuat property binding kita harus melakukan pengeditan pada waktu kita membuat image di Designer.  Berikut adalah property apa saja yang bisa di ‘binding’ di Novelty

Value

Description

position.left Horizontal position
position.top Vertical position
rotation Rotation
scale Scale
size.width Width
size.height Height
color.red Red color
color.green Green color
color.blue Blue color
color.opacity Opacity

Karena bar hp yang akan saya buat akan memanjang ke samping maka yang yang saya gunakan adalah size.width

Berikut adalah gambar yang saya gunakan untuk bar hp.Bar

Gambar yang saya gunakan berukuran 300×300. Saya membuatnya dengan warna solid karena nantinya gambar ini akan berubah ukuran sesuai dengan variabel di dalam Novelty, jadi kalau ada corak atau warna-warni hasilnya mungkin akan kurang bagus.

  • Buka Designer. Import gambar ini sebagai texture. Kemudian buat Image dari texture ini. Saya memberi nama Image ini dengan nama Bar_Hp.

4

  • Sekarang klik pada tab Code dan ubah code yang sudah ada pada tab Code tersebut menjadi code di bawah ini. Perhatikan tulisan yang digaris bawahi di bawah ini. Itu adalah code untuk menambahkan property binding pada image dan merupakan code yang paling penting. Jadi kalau misalnya texture name, source, image name nya berbeda dengan di gambar jangan khawatir. 🙂

5

  • Selanjutnya tinggal simpan saja hasil pekerjaan ini [saya menyimpan dengan nama Bar_Hp] kemudian buka di Novelty. Selanjutnya cari Bar_Hp ini di dalam folder Objects pada jendela Asset library. Klik 2x untuk memunculkan objects ini di layar Novelty dan klik kanan lalu pilih Edit NoveltyML source. Sebuah jendela akan muncul, jangan lakukan apapun, klik saja Apply dan nanti pada bagian bawah Objects ini di jendela Property Inspector akan muncul tulisan Property Bindings dengan kotak di sampingnya. Ketikkan hp di kotak tersebut.

6

7

  • Sekarang kita akan membuat variabel hp tersebut yang nantinya akan berkurang setiap kali kita menjawab pertanyaan yang diberikan. Sebelumnya kita harus mengisi dulu nilai variabel yang akan kita gunakan jadi hapus saja semua yang ada pada jendela Action window dan dari bagian Scripting [paling bawah pada jendela Action Catalog] klik 2x pada Set game variable. Isikan hp pada kotak Variable name dan isi Value 100.
  • Supaya bar hp terlihat jelas kecilkan dulu ukuran Bar_Hp secukupnya. Kemudian jalankan Novelty dan akan terlihat bahwa Bar_Hp yang ada di layar berubah ukurannya sesuai dengan nilai hp yang kita isikan.

8

  • Nah sekarang tinggal kita buat saja pertanyaannya. Berikut adalah contoh pertanyaan yang saya gunakan.

Apa nama ibu kota Indonesia? Jawaban : Jakarta

  • Kalau pada postingan sebelumnya kita membuat pertanyaan dengan melakukan perubahan variabel pada saat user memilih jawaban yang benar dan tidak melakukan apapun saat user memilih yang salah maka sekarang kita akan melakukan sebaliknya. Kalau user memilih jawaban yang salah maka kita akan mengurangi nilai variabel hp sehingga bar hp menjadi berkurang dan kalau user memilih yang benar maka kita tidak akan melakukan apapun karena kalau benar tentu saja bar hp tidak perlu diapa-apakan bukan? Jadi buat pertanyaan dengan menggunakan Dialogue/Paragraph dan jawaban dengan menu kemudian pada pilihan yang salah [saya menggunakan Bandung tapi kalau Anda mau buat nama kota lain silakan saja] dan kemudian pada kotak Event pilih Set variable, variable name tentu saja kita isi dengan hp, Operator kita pilih Subtract karena akan kita kurangi dan value [nilai berkurangnya hp] kita isi 200 supaya terlihat jelas pengurangan hp tersebut.

9

  • Selanjutnya tinggal jalankan saja Novelty dan saat user memilih jawaban yang salah [Bandung] maka bar hp user akan berkurang sebanyak 200.

Project Template

Anda pastinya tahu kalau Novelty memiliki project template yang bisa dipilih menggunakan menu File->New->New project from template atau dengan menekan Ctrl+Shift+N.

Kita bisa membuat sendiri project template yang nantinya bisa di bagi ke orang lain dengan menggunakan menu File->Export->Project Template.

Contohnya sekarang saya akan menggunakan text box  bernama Autumn Leaves dari link berikut ini untuk membuat tampilan Novelty saya menjadi seperti ini.

10 11

Berdasarkan textbox Autumn Leaves tersebut saya kemudian membuat custom button dan menu template. [cara sudah ada di postingan sebelum-sebelum ini]

Sekarang saya tinggal mengubah ini menjadi Project template dengan menggunakan menu File->Export. Akan muncul jendela Export project template. Saya memberi nama Template ini Autumn Leaves by OokamiKasumi karena Ookami Kasumi adalah user name dari artist yang membuat text box ini [selalu hargai para artist yang sudah bekerja keras, apalagi karena mereka membuat ini dengan gratis tanpa minta bayaran dan untuk dibagikan ke orang lain] dengan sedikit keterangan tambahan dari saya sebagai pembuat template.🙂

12

Hasil pekerjaan ini akan tersimpan di dalam folder Projects->Templates pada Novelty.

13

Hasil pekerjaan dalam bentuk *.NVT selanjutnya bisa dibagikan ke orang lain, jadi yang perlu mereka lakukan adalah menaruh *.NVT ini ke dalam folder Projects->Template seperti pada gambar di atas dan nantinya saat mereka membuat project baru dari template akan muncul template yang baru saja dibuat ini.

14

Kalau Anda berminat dengan template Autumn Leaves ini Anda bisa meng-dlnya di : http://www.mediafire.com/?5faac63we5xmb9j

Selain template ini saya ada membuat 5 template lainnya dari artis yang sama [dari link di lemmasoft  forum di atas] yang bisa dilihat di sini <— link menuju forum Novelty.

Anda tidak perlu mendaftar di forum Novelty untuk bisa meng-dl template ini, jadi jangan ragu untuk mampir ke forum Novelty🙂

Tambahan :

Jangan khawatir kalau misalnya ada yang tidak Anda sukai dari template ini, karena semua yang ada di template ini bisa di hapus dan diganti dengan yang lain. Tinggal cari saja di tab Scene pada jendela Story Window yang mana yang tidak Anda suka dan tinggal di delete saja di sana🙂

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ^_^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 12, 2013 in Visual Novel

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: