RSS

Photoshop CS6 — Membuat Jam

17 Jun

Halo🙂
Postingan kali ini adalah tentang membuat jam menggunakan photoshop.
Berikut adalah tampilan hasil jadi nya :

Clock

ü Pertama-tama buat dokumen baru dengan ukuran 500×500 pixel. Lalu tampilkan ruler dengan menggunakan menu View-Rulers. Akan muncul penggaris pada bagian samping gambar. Pastikan bahwa ukuran yang dipakai adalah pixel, kalau bukan pixel maka ganti dengan mengklik kanan pada ruler tersebut dan memilih pixel dari sana.

12

ü  Kemudian klik pada ruler tersebut, tahan dan tarik kursor ke bawah. Akan muncul garis pada layar. Garis itu akan berfungsi sebagai garis pemandu dalam pembuatan jam. Taruh garis itu di posisi 250 untuk mendapatkan posisi titik tengah dari jam. 250 karena ukuran stage adalah 500×500, jadi kalau misalnya Anda membuat dengan ukuran berbeda silakan dihitung sendiri posisinya berapa.🙂

3

ü  Kalau sudah, pilih Ellipse Tool, pastikan Pick Tool Mode nya berupa Path. Sekarang klik pada bagian tengah dimana garis pemandu bertemu. Akan muncul kotak Create Ellipse. Isi dengan 450×450 dan klik OK.

4

ü  Sekarang buka Brush dan atur ukuran Brush 13 dengan mode Hard Round. Set foreground color hitam.

5

ü  Kembali ke Ellipse Tool. Klik kanan dimanapun pada layar, akan muncul jendela Stroke Path, pilih Brush dan centang pilihan Simulate Pressure. Klik OK.

6

ü  Sekarang klik 2x pada bagian ujung kanan untuk memunculkan jendela Layer Style

7

ü  Rename layer 1 dengan nama Luar dan buat layer baru di atasnya, rename dengan nama Dalam. Pastikan layer Dalam aktif kemudian klik tab bernama Paths di samping tab Layers. Sebelumnya ubah warna foreground menjadi warna apapun terserah yang penting bukan hitam [saya memilih biru -0202ff] kemudian klik kanan dan pilih Stroke Path, pilih Brush dan centang pilihan Simulate Pressure. Klik OK.

8

ü  Akan muncul lingkaran baru di atas lingkarang hitam pertama. Klik Move Tool dan centang pilihan Show Transform Controls pada menu di atas kemudian klik pada lingkaran tersebut. Isi kolom Set Width Scale dan Set Height Scale dengan 90%. Kemudian klik pilihan yang paling kanan.

9

ü  Sekarang munculkan jendela Layer Style dari layer Dalam ini dan atur sesuai dengan gambar di bawah.

10

ü  Sekarang masukkan gambar yang akan digunakan sebagai ‘alas’ atau dasar dari jam. Dan taruh di bagian paling bawah.

11

ü  Kalau sudah sekarang buat garis di layer baru dengan menggunakan Line tool dan taruh posisi garis tersebut sesuai dengan gambar.

12

ü  Waktunya menggunakan Action. Karena kita akan membuat garis sebanyak 10 kali [karena 2 sudah dibuat] dengan cara yang sama maka lebih praktis kalau kita menggunakan Action untuk menghemat waktu. Pilih menu Window->Actions, akan muncul jendela Actions di samping. Klik icon Folder, beri nama Custom kemudian klik New Actions dan beri nama Penanda Waktu. Secara otomatis Actions akan mulai merekam, biarkan saja. Contoh di bawah adalah saat rekaman mati.

13

ü  Duplicate layer tersebut dengan mengklik kanan -> Duplicate Layer. Sekarang kita akan merotasi garis tersebut sebanyak 30 derajat. Caranya dengan menggunakan menu Edit->Transform->Rotate. Rotasi akan dilakukan berdasarkan titik sumbu [yang bentuknya seperti lingkaran di tengah] karena itu kita harus memindahkan titik sumbu ini ke tengah-tengah layer. Tapi sulit untuk menarik titik tengah ini saat ia berada di tengah, oleh sebab itu pindahkan dulu posisi titik tengah ini ke sudut kanan bawah dan kemudian tarik keluar dari garis. Atur posisi titik tengah ini [250,250], kalau membuat beda ukuran maka atur posisinya agar sesuai. Kalau sudah isi 30 ke dalam kotak derajat dan pilih tanda centang. Matikan rekaman.

14

15

16

ü  Sekarang yang perlu kita lakukan hanyalah mengklik Penanda Waktu [jangan klik yang lain!] pada jendela Actions dan kemudian menekan tombol Play dan Photoshop akan membuat langsung layer berisi garis yang sudah dirotasi 30 derajat. Lakukan sebanyak garis yang diperlukan kemudian satukan layer dan beri nama layer tersebut Penanda waktu.

17

ü  Sekarang klik kanan pada layer Penanda waktu ini dan pilih Create clipping mask.

18

ü  Selanjutnya tinggal kita buat panah penunjuk waktu dengan menggunakan Line Tool. Untuk mengubah style panah silakan lihat gambar di bawah.

19

20

21

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ini ^_^

Silakan dishare kalau dirasa berguna🙂

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 17, 2014 in Komputer

 

Tag: , , ,

One response to “Photoshop CS6 — Membuat Jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: