RSS

Membuat Sendiri Ringtone Dari Mp3 di Hp Android Menggunakan Ringtone Maker

03 Jul

Halo🙂

Sebenarnya saya sudah menyiapkan postingan tentang Flash, tapi karena ada masalah jadi saya tidak bisa mempublish flash untuk sementara. Supaya blog tidak terlalu kosong postingan berikut ini adalah tentang membuat ringtone dari mp3 secara langsung di hp Android menggunakan aplikasi bernama Ringtone Maker.

01

Aplikasi ini free dan bisa di dl Google Play Store. Ukurannya hanya 700an kb sehingga tidak memakan waktu lama untuk di download.

Begitu kita membuka aplikasi ini akan langsung muncul daftar lagu-lagu yang kita miliki. Sayangnya walaupun ada tombol untuk merekam di bagian atas namun pada saat saya mencoba mencari hasil rekaman yang ada di hp, hasil rekaman tersebut tidak muncul di aplikasi ini.

Contoh lagu yang akan saya ubah menjadi ringtone adalah lagu Nagareboshi Kirari dari Yuzu yang merupakan lagu penutup ke 4 dari HunterxHunter.

2

Jadi setelah saya mendapatkan lagu yang ingin saya jadikan ringtone, saya mengklik ikon hijau disebelah kanan. Akan muncul menu berikut ini

3

Edit : ini adalah menu yang saya gunakan.

Preview akan memainkan lagu itu supaya kita bisa tahu kalau itu lagu yang benar kita cari.

E-mail akan membuka menu untuk mengirimkan lagu ini melalui Bluetooh, Gmail atau melalui pesan.

Delete akan menghapus lagu ini dari hp.

Advance akan membuka menu berikut :

Set as Music : ini akan mengubah lagu yang sudah diset menjadi ringtone kembali menjadi music.

Set as Ringtone : ini akan menjadikan lagu langsung menjadi ringtone. Tapi saya tidak akan menggunakan menu yang ini.

Set as Notification : ini akan mengubah lagu menjadi nada untuk mengnotifikasikan user saat ada sms/pesan dari jejaring sosial yang terinstall di hp.

Set as Alarm : ini akan mengubah lagu menjadi nada arlarm.

Sekarang setelah kita mengklik menu Edit lagu akan dikonversi dengan cepat dan kemudian kita akan masuk ke dalam tampilan berikut :

4

A : untuk mengatur awal ringtone

B : untuk mengatur akhir ringtone

C & D : untuk meng-zoom out/meng-zoom in track di layar

E : untuk menyimpan hasil jadi

F : untuk mengatur Fade In & Fade Out ringtone. Silakan bereksperimen dengan ini, tapi saya sendiri tidak menggunakan menu yang ini.

5

Sekarang alasan kenapa saya menggunakan menu edit adalah karena saya ingin ringtone saya tidak dimulai dari bagian depan lagu Nagareboshi Kirari ini tapi langsung pada reff nya.

Untuk itu saya menggeser [karena ini touch screen jadi langsung geser saja pakai jari] point A sampai saya menemukan reff lagu ini kemudian saya menggeser point B ke akhir ringtone yang saya inginkan.

6

Selanjutnya saya menyimpan hasil editan saya ini dengan nama Nagareboshi Kirari Ringtone.

7

Kalau sukses akan muncul kotak bertuliskan Success. Selanjutnya kita bisa membuat ringtone yang baru saja dibuat ini menjadi ringtone default di hp atau kita bisa meng-assign ringtone ini untuk kontak di hp atau kita bisa meng-share ini melalui email. Silakan pilih sesuai yang diinginkan.🙂

8

Tampilan ringtone Nagareboshi Kirari di hp saya di antara ringtone-ringtone yang lain.

9

Silakan bertanya di komentar kalau ada yang kurang jelas.

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ini 🙂

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 3, 2014 in Android

 

Tag: , ,

2 responses to “Membuat Sendiri Ringtone Dari Mp3 di Hp Android Menggunakan Ringtone Maker

  1. Dewi

    Desember 13, 2014 at 5:07 pm

    Kalau sudah dijadikan ringtone, apakah musik di hp akan hilang?

    Suka

     
    • 8oni

      Desember 13, 2014 at 7:52 pm

      Tentu saja tidak.

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

 
