RSS

Novelty—Membuat Animasi dari GIF

13 Jan

Halo🙂

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang membuat animasi di Novelty. Sekarang saya akan membahas tentang mengubah gif yang sudah ada menjadi animasi di Novelty. [Kalau berminat dan ingin tahu tentang cara membuat gif, saya pernah membuat postingan tentang membuat gif menggunakan Photoshop]

Gif yang saya gunakan :

GIF Miku

Sumber gif :

http://vocaloid-br.blogspot.com/2011_08_01_archive.html

Software yang digunakan :

Photoshop CS6 dan Novelty

Preview hasil jadi di Novelty :

Hasil Jadi

  • Buka gif di Photoshop kemudian buka jendela animasi. Kalau dulu di CS5 dan kebawah namanya Animation sekarang di CS6 namanya adalah Timeline. Jadi kalau jendela animasi yang ada di bagian bawah tidak terbuka maka munculkan dengan menggunakan menu Window->Timeline.

1

  • Sekilas teori :
  • Animasi di Novelty menggunakan frame per frame. Tapi frame ini semuanya dijadikan satu jadi ada banyak gambar dalam 1 gambar. Karena gif juga menggunakan prinsip animasi frame per frame maka yang perlu kita lakukan adalah menghitung frame yang ada pada gif yang ingin diubah kemudian kita mengkalkulasikan berapa ukuran gambar penampung semua gambar tersebut.
  • Sebagai catatan, ukuran maksimal gambar yang disarankan adalah 2048×2048. [file:///D:/novelty_0.8.9/Help/cc_import.html]
  • Gif yang saya gunakan memiliki 4 frame dengan ukuran gambar 500×375. Maka ukuran gambar yang dibuat untuk animasi Novelty adalah 1000×750.

2

3

  • Selanjutnya pilih menu View->Snap To->Layers. Ini berguna untuk membantu saat meletakkan gambar agar posisi mereka rapi dan tidak saling bertabrakan satu sama lain. Karena animasi akan menggunakan koordinat maka kalau ada salah sedikit saja saat meletakkan gambar hasil animasi akan terlihat kurang bagus.

4

  • Selanjutnya taruh gambar dari layer yang ada pada GIF sesuai dengan urutan pada gambar kosong yang baru dibuat sehingga menjadi seperti gambar di bawah. Layer 1 berisi gambar dari layer 1 dan seterusnya. Perhatikan bahwa ada garis berwarna pink di layar. Garis itu adalah garis pemandu yang muncul saat kita menaruh gambar mendekati gambar yang lain.

5

  • Kalau sudah simpan gambar tersebut kemudian buka di Designer Novelty dan mulailah menjadikan gambar tersebut sebagai animasi di Novelty. Caranya sudah pernah saya jelaskan di postingan sebelumnya yang linknya bisa dibuka di bagian atas postingan ini maka tidak akan saya bahas lagi di sini. Yang ingin saya tambahkan hanyalah untuk mendapatkan hasil seperti gif asli perhatikan lama animasi aslinya. Gif yang saya jadikan contoh memiliki 4 frame yang setiap frame dijalankan selama 0.1 detik sehingga lama animasi pada Novelty yang saya buat adalah 0.4 detik dan frame nya juga saya sesuaikan 0.1 detik🙂

6 7Animasi Miku dari postingan ini bisa di dl di

Animasi Miku

 

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ^_^

Kalau dirasa berguna, mohon di share ya ^_^

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 13, 2015 in Visual Novel

 

Tag: , ,

One response to “Novelty—Membuat Animasi dari GIF

Tinggalkan Balasan

 
