RSS

AS3 — Memanggil File XML di dalam Flash

19 Jun

Halo🙂

Postingan kali ini adalah tentang membuat file XML kemudian memanggil file tersebut ke dalam Flash. Sebelumnya, apa itu XML? XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language, sebuah bahasa yang digunakan untuk mempermudah komunikasi antara manusia dan komputer. XML ini gampang dibaca oleh manusia ataupun oleh komputer dan biasanya digunakan dalam web.

Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan menggunakan Notepad yang sudah ada di Windows atau bagi yang tidak punya Notepad bisa mengunduh Notepad++ dari sini

Dengan menggunakan XML kita bisa menampilkan teks atau gambar ke dalam Flash tanpa harus menaruh teks atau gambar tersebut ke dalam Flash, hal ini tentunya sangat membantu memperkecil besar dokumen Flash [fla] dan juga membantu mempermudah apabila ada teks atau gambar yang harus diganti/diubah.

Software yang digunakan :

Notepad, FLASHCS6 dan FlashDevelop[bisa tidak menggunakan]

Action Script yang digunakan :

AS3

Preview Hasil Jadi

HasilJadi1

Berikut tampilan hasil jadi postingan kali ini

HasilJadi2

Tampilan saat flash dijalankan. Terlihat bahwa tidak ada apa-apa di stage karena memang tujuannya untuk memperingan beban dokumen Flash.

HasilJadi3

Tampilan saat button Teks ditekan, muncul teks di layar

HasilJadi4

Tampilan saat button Gambar ditekan, muncul gambar di layar

  • Buka Notepad kemudian ketikkan teks di bawah ini

XML

  • Sekilas terlihat bahwa ini mirip dengan HTML, tapi bukan. XML berbeda dengan HTML. Pada HTML tag tag yang digunakan harus tag khusus yang sudah ditetapkan, semantara terlihat pada XML kita bisa membuat sendiri tag tag yang kita inginkan. XML juga pada dasarnya hanya berfungsi menyimpan data/keterangan tentang data itu sendiri sementara HTML berfungsi untuk menampilkan data. Jadi kalau mau kalimat di dalam tag sebenarnya bisa diganti dengan kalimat lain yang diinginkan tidak perlu mengikuti contoh saya🙂

1

  • Simpan dengan menggunakan perintah File->Save As dengan nama ContohXML.xml, jangan lupa memilih pilihan All Files di Save as type dan untuk pilih U di bagian Encoding. Bagi yang berminat mengetahui kenapa memilih Utf-8 silakan klik link ini untuk penjelasan lengkapnya
  • Buka FLASH dan tarik button dari jendela Components di samping atau kalau tidak kelihatan buka saja jendela tersebut menggunakan menu Window->Components menuju ke scene kemudian hapus button tersebut. Simpan FLA dengan nama PanggilXML.fla di dalam folder yang sama berisi PanggilXML.xml

2

  • Sekarang ketikkan Action Script berikut ini di FlashDevelop atau di FLASHCS6 dan simpan dengan nama PanggilXML.as.

3

  • Sebelum menjalankan Flash [Ctrl+Enter], pastikan dulu bahwa sudah ada gambar dengan nama yang sama dengan di dalam file XML yang akan dipanggil atau akan muncul error dan juga atur supaya ukuran gambar jangan lebih besar dari 300×300 pixel karena flash yang dibuat ukurannya 400×500 jadi kalau lebih besar dari itu gambarnya akan terpotong, saya memberi 300×300 itu untuk jaga-jaga saja karena di flash ini posisi x y nya saya atur 15,15 jadi sedikit masuk ke tengah. Saya menggunakan gambar bernama Kumimaru.png yang terdapat di file yang bisa di unduh di bawah postingan ini. Kalau ingin menggunakan gambar sendiri, jangan lupa ganti nama gambar di file XML.
  • Hal terpenting lainnya adalah bahwa ke 3 file [XML, AS, fla]yang sudah dibuat [4 di gambar karena saya memasukkan juga gambar Kumimaru] berada di dalam 1 folder seperti gambar di bawah.

4

Penjelasan code :

import fl.controls.Button;
import flash.display.*;
import flash.events.*;
import flash.net.*;
import flash.text.*;

Meng-import library yang dibutuhkan

var buttonTeks:Button = new Button();
var buttonGambar:Button = new Button();
var xmlLoader:URLLoader = new URLLoader();
var url:URLRequest = new URLRequest("ContohXML.xml");
private var myTextBox:TextField = new TextField();
private var myPicture:Bitmap = new Bitmap();
var kotak:MovieClip = new MovieClip();
var gambarku:XMLList = new XMLList();

Mengdeklarasikan variabel-variabel yang akan digunakan.

var myxml = new XML(e.target.data);
myTextBox.text = myxml.teks;
kotak.visible = false;
myTextBox.visible = true;

Memanggil teks dari dalam file XML dan kemudian menampilkannya di dalam text field bernama myTextBox. Kenapa variable kotak disembunyikan supaya yang terlihat hanya teks saja. Karena saya membuat supaya posisi teks dan gambar berdekatan jadi kalau tidak disembunyikan gambar dan teks akan saling bertabrakan.

var myxml = new XML(e.target.data);
var Loaderku:Loader = new Loader();
var link = myxml.GAMBAR[0].@LINKMENUJU;
Loaderku.load(new URLRequest(link));
myTextBox.visible = false;
kotak.visible = true;
kotak.addChild(Loaderku);

Me-load link gambar dari file XML kemudian menampilkannya melalui movie clip bernama kotak. Alasan kenapa ada visible dan false sama dengan penjelasan di atas.

 Flash dari postingan ini bisa di unduh di bawah ini

XML-AS3

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 19, 2015 in Flash

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: