RSS

Membuat Visual Novel Menggunakan TyranoBuilder [Part I]

29 Feb

Halo🙂

TyranoBuilder adalah software untuk membuat visual novel yang berasal dari Jepang dan telah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris sejak 27 Maret 2015. Software ini berbayar dan bisa dibeli di Steam atau di websitenya langsung dengan harga Rp. 115.999.

Dalam postingan bagian pertama ini kita akan :

  • Membuat projek baru di TyranoBuilder
  • Memasukkan dialog singkat ke dalam vn
  • Memunculkan aktor [bawaan dari Tyrano] dan mengubah ekspresi
  • Memunculkan pilihan dan melompat ke label yang sesuai dengan pilihan
  • Mengganti latar [bawaan dari Tyrano]

 

  • Buka TyranoBuilder, akan muncul gambar seperti di bawah. Klik tombol New Project.

P1

  • Beri nama project, saya menggunakan nama ContohVN. Klik Next dan kemudian akan muncul pilihan Visual Novel atau Sound Novel. Pilih Visual Novel. Akan ada 3 pilihan ukuran bawaan dari TB. Ukuran (960×640) adalah yang akan kita gunakan. Klik Next. Terakhir adalah pilihan Game Settings. Ada pilihan untuk tidak menggunakan Title Screen dan juga untuk tidak menggunakan menu button. Jangan centang dulu pilihan itu, biarkan saja. Langsung saja klik Create New Project –akan muncul tulisan memberitahu bahwa project berhasil dibuat, klik saja ok untuk menghilangkan pesan itu- dan kita akan masuk ke dalam projek baru kita.

P2P3

P4

P5

  • Selanjutnya perhatikan gambar dibawah, secara garis besar akan saya bagi 5 apa apa saja yang ada di jendela project TB. Harap perhatikan bahwa yang saya gunakan adalah versi 1.5 yang saat ini merupakan versi terbaru dari TB.

P6

1: Menu, nantinya seiring dengan berjalannya tutorial ini akan muncul satu persatu kegunaan menu yang ada di bagian ini jadi nanti saja dibahas

2: Nama projek

3: Scene editor. Bagian ini nantinya akan berisi dialog, code, dan apa saja yang diperlukan dalam vn yang dibuat

4: Icons area. Bagian ini berisi icon icon yang memiliki fungsi masing masing. Akan dijelaskan nanti. Gampangnya ini seperti Quick Access Toolbar di MS Word

5 : Tools Area. Bagian ini berisi alat alat dan resource yang akan digunakan di dalam proses pembuatan vn. Bagian ini bisa ditarik ke scene editor atau di klik 2x untuk dimunculkan di scene editor

MEMASUKKAN TEKS DI TYRANOBUILDER

  • Text di TB dibagi menjadi 2 hal, text untuk nama dan text untuk dialog. Untuk nama khusus menggunakan tanda ‘#’ di depan. Sementara text dialog ditulis seperti biasa. Jadi kalau misalnya saya ingin membuat dialog ‘Hari ini hari yang cerah’ dengan nama karakter 8oni maka saya akan membuat nya seperti ini

P7

MEMASUKKAN AKTOR DAN MENGGANTI EKSPRESI

  • Selanjutnya kita akan memasukkan aktor ke dalam TB. Aktor yang akan digunakan adalah aktor bawaan dari TB. Pilih menu Project->Asset Library. Akan muncul jendela Asset Library, pilih Characters dan klik 2x karakter yang akan digunakan. Saya akan menggunakan karakter mkun. Setelah di klik akan muncul proses loading, tunggu saja sebentar. Kalau berjalan dengan lancar maka akan muncul tanda centang seperti di gambar.

P8

  • Selanjutnya tarik Join Scene dari tab Characters di Tools Area. Taruh setelah Text karena kita akan menampilkan mkun setelah 8oni berbicara. Secara default karakter bawaan dari TB akan muncul di bagian tengah dengan ukuran sesuai vn jadi itu sebabnya saya membiarkan kolom Position dan W/H tetap 0. Karena saya merasa mkun lebih cocok kalau dibalik maka saya mencentang pilihan Flip image. Biarkan saja kalau merasa tidak perlu diubah.

P9

  • Karena saya merasa ekspresi mkun saat muncul kurang tepat dengan dialog yang akan saya berikan kepada mkun maka saya akan mengubah ekspresi mkun menggunakan Change expression. Seperti biasa tarik saja dan tarik sebelum Stop, kemudian klik tombol Browse dan pilih ekspresi. Saya akan menggunakan gambar ke 2.

P10

  • Selanjutnya tinggal tambahkan dialog mkun. Saya memberi mkun nama Miso-kun. Dan dialognya adalah

#Miso-kun

8oni! Coba tebak apa yang terjadi!

  • Hasilnya akan seperti gambar di bawah

P11

MEMBUAT PILIHAN MENGGUNAKAN BRANCH BUTTON

  • Selanjutnya kita akan menampilkan pilihan yang kalau diklik akan menampilkan response yang berbeda. Saya akan menggunakan Branch Button karena itu yang paling sederhana. Ada Image Button dan Clickable Area tapi nanti saja dibahas. Tarik Branch Button, Label dan Stop kemudian susun menjadi seperti gambar di bawah

P12

  • Jadi pada Branch Button ada pilihan Target sehingga perlu dibuat dulu label. Perhatikan bahwa ada Stop pada sebelum dan sesudah setiap label. Ini perlu dan penting dilakukan agar vn tidak langsung terus berjalan dan melewati button dan label yang ada. Atur posisi button menggunakan tombol Positioning Tool. Berikut adalah tampilan button di layar

P13

  • Selanjutnya tinggal masukkan teks respon. Untuk label Apa saya akan membuat

#8oni

Ada apa Miso-kun?

  • Dan untuk label Halo saya akan membuat teks

#8oni

Halo Miso-kun

  • Untuk itu saya akan menarik Text dari tab Story dan menaruhnya setelah Label dan sebelum Stop. Hasilnya akan seperti gambar di bawah dan saat dijalankan user akan mendapatkan reaksi yang berbeda tergantung dengan button yang dipilih

P14

MENGGANTI BG

  • Terakhir kita akan mengganti latar. Saya akan menggunakan latar bawaan dari TB. Sama seperti pada aktor, buka jendela Asset Library. Saya akan menggunakan latar ruang kelas yang malam hari yang bisa dilihat pada gambar di bawah.

P15

  • Selanjutnya untuk gampangnya saya akan menggunakan Jump yang akan membawa alur vn ke Label GantiBG di mana di dalam label ini akan ada teks

#8oni

Sebelum Miso-kun sempat menjawab tiba tiba aku merasa ada yang memukulku dari belakang dan kemudian semuanya menjadi gelap.

  • Dan setelah itu Miso-kun akan dikeluarkan dari layar [supaya tidak terlihat aneh] dan bg akan berganti menjadi kelas di malam hari.

P16

Sampai di sini dulu untuk bagian pertama, sampai bertemu di postingan selanjutnya ^_^

Projek contoh dari postingan ini bisa di unduh di

CONTOHVN

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ini ^_^

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 29, 2016 in Visual Novel

 

Tag: , , , , ,

2 responses to “Membuat Visual Novel Menggunakan TyranoBuilder [Part I]

  1. kun ken19

    Oktober 26, 2016 at 11:36 am

    gan mau tanya,
    merubah tyranobuilder menjadi bisa dimainkan di android gimana ya caranya???

    Suka

     
    • 8oni

      November 3, 2016 at 12:42 pm

      Nanti saya cari tahu dulu caranya, kalau sudah tahu saya posting di sini🙂

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

 
