RSS

Audacity — Menggabungkan Off Vocal Dengan Suara Rekaman

17 Jun

Halo🙂

Postingan kali ini adalah dari pertanyaan agan Sachiko Akagi tentang menggabungkan off vocal dengan suara rekaman.

Pada dasarnya ini sama saja dengan cara yang saya gunakan di postingan ini tapi karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan maka saya membuat postingan tersendiri.

Langsung saja, berikut adalah sumber yang saya gunakan :

OFF VOCAL :

REKAMAN :

HASIL :

https://www.mediafire.com/?tadkxwjv9orw3zh

Karena saya tidak ingin menggunakan suara sendiri makanya saya menggunakan suara orang lain jadi harap maklum. Tetapi ini juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan yang akan saya bahas nanti.

  • Pertama tama buka dan taruh kedua audio yang akan digabungkan tersebut seperti pada contoh postingan Menggabungkan Beberapa Audio Yang Berbeda Menjadi Satu Audio Menggunakan Audacity. Urutan tidak masalah. Sekarang akan saya jelaskan dulu faktor yang penting yaitu timing. Pada umumnya saat merekam orang akan langsung mulai bernyanyi dan itu tidak masalah sebenarnya, hanya saja patut diperhatikan bahwa yang namanya lagu pada umumnya ada iringan musik pembuka dulu. Jadi kalau kita langsung putar kedua audio ini di Audacity timingnya akan off. Untuk itu pada bagian rekaman harus kita tambahkan jeda atau keheningan supaya sesuai dengan off vocal. Caranya bisa dilihat di sini [Audacity — Menambahkan Jeda Atau Keheningan Pada Audio]. Lamanya waktu yang akan ditambahkan adalah 14 detik karena lagu Let it Go mulai ada suaranya setelah 13 detik pada audio yang saya gunakan. Kalau sudah jadi hasilnya akan kurang lebih seperti ini, pada rekaman akan ada garis mendatar yang artinya suara hening selama 14 detik.

1

  • Kalau sudah sekarang masih tentang timing. Kalau kamu memperhatikan hasil jadi yang saya tampilkan hanya berkisar 1 menit, itu karena setelah 1 menit suara rekaman nya melenceng sedikit dari contoh off vocal yang saya gunakan. Hanya sekitar 1 detik mungkin tetapi itu berpengaruh terhadap suara di belakangnya sehingga saya kemudian hanya menggunakan 1 menit dan memotong sisa suara rekamannya. Dan ini hal yang ingin saya tekankan dalam menggabungkan off vocal dengan suara rekaman. Jangan sampai nada off vocal dengan suara rekamannya bergeser terlalu jauh atau tidak sama. Saat merekam cobalah menggunakan karaoke lagu tersebut sehingga pas saat digabungkan. Itu sebabnya saya memilih video Frozen off vocal yang ada tulisannya dibawah jadi saya tahu pasti apakah suara rekaman tersebut pas atau tidak dan darimana saya tahu waktu 14 detik yang harus ditaruh di bagian awal.
  • Tentu saja cara saya yang hanya memotong bagian yang tidak pas tidak bisa kamu tiru, makanya untuk bagian yang kurang cepat atau terlalu cepat menyanyinya tidak ada cara lain selain dipotong atau di beri jeda seperti cara di atas. Jadi sekali lagi yang ingin saya tekankan adalah postingan ini hanya menunjukkan cara cepat membuat 1 menit suara rekaman digabung dengan off vocal tetapi untuk suara yang lebih panjang tentunya proses pembuatannya akan jauh lebih lama dan juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang bagus.
  • Jadi intinya, pada akhirnya sofware dan hardware itu hanya pendukung, manusianyalah yang harus berusaha menggunakan apa yang ada sebaik mungkin.

Selamat berkreasi dan terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ini ^_^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 17, 2016 in Komputer

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

 
