RSS

Membuat Font Tulisan Tangan Sendiri Secara Online

07 Jan

Halo 🙂

Sebelumnya saya pernah membuat postingan tentang membuat Font menggunakan FontCreator. Baru – baru ini saya menemukan cara membuat font yang jauh lebih cepat dan mudah dengan menggunakan website bernama http://www.myscriptfont.com/

Saya sudah mencoba dan dalam waktu kurang dari 1 jam saya berhasil membuat font dengan tulisan tangan saya yang bisa di lihat dari gambar di bawah ini

Preview hasil font

Font

  • Pertama – tama buka website http://www.myscriptfont.com/ ini kemudian unduh template yang ada. Saya memilih format PDF karena lebih mudah bagi saya mencetak PDF daripada PNG. Tapi silakan pilih format yang paling baik menurut Anda.

Font1

  • Kalau sudah cetak dan isi kolom kolom yang ada dengan tulisan tangan Anda. Karena ini hanya test maka saya hanya menulis dengan cepat menggunakan pen hitam biasa. Saya menyarankan agar Anda menggunakan pen berwarna hitam yang cukup tebal supaya hasilnya lebih baik. Kalau Anda memperhatikan font 8oniFontTest di atas terlihat bahwa font nya agak tipis dan terputus putus bukan? Itu karena saya menggunakan pen biasa. Berikut adalah tampilan template yang sudah saya isi, perhatikan bahwa saya mengisi tanpa melewati garis yang ada di dalam kotak kotak. Hal ini penting karena ada yang namanya kerning di dalam font. Jadi kalau nanti Anda mengisi template jangan sampai melewati garis yang ada yang sudah disediakan di dalam template.

Font2

  • Selanjutnya scan [resolusi scan minimal 150 dpi maksimal 300 dpi, waktu saya mencoba dengan 600 dpi hasilnya ukuran file jadi terlalu besar, harap diingat ada limit 2 MB untuk mengupload file template ini ke web jadi tidak perlu scan terlalu bagus, cukup 300 dpi saja seperti yang saya lakukan] dan kemudian upload file template yang sudah di isi. Pilih nama font yang diinginkan kemudian klik Start. Tunggu sampai proses selesai dan kemudian klik pada nama font untuk mengunduh file font yang sudah jadi.

Font3

Font4

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya ini. Mohon di share kalau dirasa berguna ^_^

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2016 inci Komputer

 

Tag: , ,

1 responses to “Membuat Font Tulisan Tangan Sendiri Secara Online

Tinggalkan komentar