RSS

Photoshop CS6 — Membuat Denah Lokasi

13 Mar

Halo 🙂

Postingan kali ini adalah tentang membuat denah lokasi menggunakan Photoshop CS6. Cara ini juga bisa digunakan untuk Photoshop CS5/kebawah, saya menulis CS6 karena Photoshop yang saya gunakan adalah CS6.

Berikut adalah tampilan hasil jadi :

HJ1

HJ2

HJ3

Tampilan hasil jadi ada 3 karena ada 3 pilihan yang bisa dibuat dalam postingan ini sehingga saya memberikan 3 hasil contoh agar Anda bisa memilih jenis tampilan yang diinginkan 🙂

  • Buat ukuran denah yang diinginkan, untuk contoh di sini saya membuat ukurannya 550×400. Kemudian beri nama warna latar dengan warna yang muda, saya menggunakan e5b68d tapi kalau mau warna lain terserah. Dibiarkan tetap putih juga tidak apa-apa kalau lebih suka latarnya putih 🙂
  • Buat garis jalan dengan menggunakan Pen Tool. Atur settingan ke Path.

1

  • Selanjutnya ubah warna Foreground menjadi warna abu-abu (303030) kemudian klik Brush bernama Hard Round 13. Sekarang buat layer baru di atas layer Background kemudian klik Pen Tool dan klik kanan pada garis yang tadi dibuat dan pilih Stroke Path. Pilih Tool Brush kemudian klik Ok.

2

  • Selanjutnya klik kanan sekali lagi dan pilih Delete Path. Sekarang, tekan Ctrl sambil mengklik pada Layer 1. Kemudian buat layer baru dan pilih menu Edit->Stroke. Masukkan 2 pxl pada kolom Width dan pilih warna putih untuk kolom Color. Tekan Ok.

3

  • Pilih Marquee Tool [yang letaknya di pojok kiri atas], klik kanan dan pilih Deselect untuk menghilangkan garis putus-putus tersebut.
  • Beri nama jalan dengan menggunakan Text Tool.
  • Icon yang saya gunakan saya dapat dari sini : https://mapicons.mapsmarker.com, jadi silakan unduh dulu icon yang ingin digunakan kemudian taruh pada posisi yang diharapkan. Atau kalau mau menggunakan icon yang lain silakan saja 🙂
  • Klik kanan pada Shape Tool dan pilih Custom Shape Tool. Kemudian pilih Talk Bubbles dan buat kotak bicara tersebut di atas icon home.

4

  • Terakhir tambahkan efek pada gambar icon dan juga pada jalan dengan mengklik 2x pada layer, akan muncul jendela Layer Style. Klik pilihan yang ada untuk menambah efek. Klik lagi untuk menghilangkannya bila dirasa tidak cocok. Selamat bereksperimen 🙂
  • Sekarang untuk mendapatkan 3 hasil jadi yang berbeda sesuai contoh yang perlu kita lakukan hanyalah menutup mata salah satu/tidak menutup mata dari Layer 1 dan Layer 2.

5 6 7

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog ini ^_^

Mohon dishare kalau dirasa berguna.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 13, 2015 inci Komputer

 

Tag: ,

2 responses to “Photoshop CS6 — Membuat Denah Lokasi

  1. apri yandi

    Agustus 22, 2016 at 9:05 am

    ada tutorial videonya gk???

    Suka

     
    • 8oni

      Agustus 22, 2016 at 12:15 pm

      Tidak ada. Saya baru mulai membuat video tutorial belakangan ini jadi untuk postingan ini tidak ada video tutorialnya 🙂

      Suka

       

Tinggalkan komentar